MPLS SMP Al Falah Surabaya 2022-2023

Ditulis oleh: Darien Mejida Oktavine (Wakil Ketua MPK SMP Al Falah Surabaya Th. Periode 2022-2023)

Kegiatan MPLS di SMP Al Falah Surabaya

18 sampai 20 Juli 2022 di SMP Al-Falah Surabaya telah terlaksana kegiatan “Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah” atau lebih gampangnya MPLS, Saya sebagai salah satu pengurus inti organisasi yang termasuk panitia MPLS tentunya ikut kegiatan ini. Saya akan menjelaskan kepada kalian kegiatan apa aja sih selama tiga hari itu? penasaran kan? Oke langsung aja ke kegiatan pertama!

Kegiatan MPLS ini dimulai dengan Apel Pembukaan MPLS, Senin tanggal 18 Juli 2022. Petugas-petugas dari Apel ini termasuk pengurus inti dari organisasi MPK, OSIS dan REMAS, Salah satunya ya saya sendiri. Petugas Apel bertugas dengan sangat baik walaupun dengan waktu latihan yang singkat. Amanat dan Opening MPLS pun disampaikan oleh Ustadz Darmanto selaku Kepala Sekolah SMP Al-Falah Surabaya. Lalu dilanjut dengan Penyematan Tanda Peserta untuk para warga baru SMPS, yakni kelas 7-1 dan 7-2.

Lanjut untuk kegiatan hari senin adalah Cara belajar efektif yang disampaikan oleh Ustadz Suyatno, menjelaskan tentang pembuatan jadwal kegiatan, tepat waktu dalam pengerjaan tugas, manajemen waktu atas penggunaan gadget dan masih banyak lagi. Setelah itu dilanjut kegiatan Wiyata mandala, nah disini kami para panitia MPLS mengenalkan adik-adik kita ruangan-ruangan di seluruh sekolah, mengenalkan beberapa guru, pak satpam dan lain-lainnya kepada mereka. Kami juga berbincang-bincang santai selama perjalanan. Cukup menyenangkan punya adik kelas yah?

Keesokan harinya..
Selasa tanggal 19 Juli, kegiatan MPLS masih berlanjut. Hari ini, kami mendapat materi tentang Wawasan Bullying dari Ibu Novita Herikristanti, S. Sos., M. Si. Beliau menjelaskan banyak hal, jenis-jenis bullying, ciri-cirinya, dampak dan penyebab terjadinya bullying. Beliau juga menceritakan beberapa kasus dari bullying, kasus-kasus tersebut sempat membuat hati kami semua sedih..

Untuk menghindari terjadinya bullying di sekolah, kami pun mengisi “Pakta Integritas” yang berisi tentang pernyataan kami untuk tidak melakukan tindakan bullying, yang ditandatangani oleh kami murid SMPS, orangtua dan wali kelas.

Hari itu juga para adik kelas mendapatkan materi tentang ekstrakulikuler dari Ustadz Saiful, yang menjelaskan ekstrakulikuler apa saja yang ada di sekolah dan fungsi serta tujuannya. Dan ada Sosialisasi Organisasi kepada adik-adik kelas, pematerinya sendiri langsung dari pengurus inti organisasi, keren bukan? Disana kami pengurus organisasi menjelaskan tentang pengertian, struktur, program kerja dan masih banyak lagi. kami juga memberi ice breaking kepada adik-adik dan ada sesi tanya-jawab kepada mereka tentang materi yang telah kami sampaikan sebelumnya.

Rabu tanggal 20 Juli, hari terakhir kegiatan MPLS. Di hari terakhir ini, cukup banyak kegiatannya. kegiatan pertama adalah Pendidikan karakter yang disampaikan oleh Ustadzah Wahyu, disini beliau menjelaskan tentang Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Al-Falah. Dan tentunya kegiatan-kegiatan dari hari Senin sampai Rabu selalu didampingi panitia MPLS, setiap panitia bertugas untuk menemani dan menilai murid-murid yang aktif. Karena nanti pada akhirnya murid-murid yang nilai keaktifannnya baik akan mendapat hadiah. Wah senang sekali!

Lalu ada juga materi tentang Budaya lokal dari Ustadzah Ima. Disini ustadzah menjelaskan pengertian kebudayaan dan menjelaskan Budaya lokal SMPS. Setelah itu, para adik-adik mendapatkan post test tentang materi dari hari Senin sampai hari Rabu ini. Kira-kira mereka bisa mengerjakan gak ya?

Dan menutup kegiatan MPLS, yaitu ada kegiata “Holiday Art Exhibition.” Apa itu??
Nahh.. Holiday Art Exhibition ini adalah pameran dimana saya serta warga kelas 8 dan 9 menampilkan karya Seni lukis, Fotografi dan karya 3 Dimensi yang kami buat selama liburan kemarin. Sepanjang Lorong sekolah berjejer banyak sekali karya-karya kami. Dan tidak hanya kami saja namun adik kelas dapat memilih karya mana saja yang disukai dari 3 jenis karya tersebut. Di setiap karya-karya nya terdapat penjelasan makna atau tentang apa karya yang ditampilkan itu. Karya-karya indah ini akan menjadi kebanggaan kami semua.

Terimakasih ustadz, ustadzah dan panitia MPLS lainnya yang telah membantu mensukseskan kegiatan MPLS selama 3 hari ini. Semoga di kegiatan MPLS berikutnya dapat lebih baik lagi dan mulai banyak murid yang mau masuk ke sekolah SMP Al-Falah Surabaya. Alhammdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Saya sangat bersyukur walaupun banyak sekali tugas saya sebagai panitia MPLS dan beberapa kendala lainnya, namun kegiatan ini tidak hanya menyenangkan untuk adik kelas saya, namun juga saya sendiri dan teman-teman lainnya.

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS Al-Baqarah:152)