Lomba Video Pembelajaran Kreatif


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

KOMITE SEKOLAH SMPS – Belum lama ini, Komite Sekolah dan SMP Al Falah Surabaya mengadakan Workshop Digital Content Productivity mengenai bagaimana pembuatan Video Pembelajaran, di SMP Al Falah Surabaya. Workshop ini diikuti oleh seluruh Ustadz dan Ustadzah.

Workshop berlangsung dalam satu hari dan berlangsung dari Pk 08.00-15.00. Sekaligus menjawab permasalahan mengenai bagaimana proses pembuatan video pembelajaran yang dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan hasil yang berkualitas.



Ustadz dan ustadzah yang mengikuti workshop memiliki perbendaharaan pengetahuan yang berbeda-beda dalam pembuatan video. Ada yang sama sekali belum mengetahui cara pembuatan video, ada pula yang sudah biasa membuat video, meskipun dari smartphone.

Kami mengajarkan metode dengan menggunakan aplikasi perekaman layar, Ustadz dan Ustadzah pun mengakui bahwa metode pembuatan video dengan merekam layar, menjadi cara yang praktis dan cepat untuk menghasilkan sebuah video dalam waktu yang singkat.

Pada akhir workshop, seluruh Ustadz dan ustadzah ditantang oleh Ustadz Jusa Indrawan selaku kepala sekolah SMP Al Falah Surabaya untuk membuat video pembelajaran dalam waktu dua minggu, sesuai dengan skenario belajar mengajar yang ingin dilakukan.

Video tersebut sekaligus di lombakan untuk mencari 3 pemenang terbaik dan 3 pemenang juara harapan dengan kriteria penilaian sebagai berikut :

1. Kejelasan Pesan & Pelajaran yang di Sampaikan
(Membuat anak didik cepat paham)

2. Keunikan dan Kreativitas

3. Kualitas Suara/Audio

4. Kualitas Gambar/Visual

5. Penghayatan dan Ekspresi Penjiwaan

6. Kualitas Background dan Ornamen Video



Dan dari hasil penilaian keluarlah beberapa video pembelajaran terbaik juara 1-3 antara lain :


Video Pembelajaran Terbaik ke – 1

Rr. Dewi Yuniartiningsih

Juara 1 : Ustadzah Dewi pengajar bahasa inggris dengan nilai total 565 point

Video Pembelajaran Terbaik ke – 2

Wahyuningsih, S.Pd. ,M.Psi.

Juara 2 : Ustadzah Wahyu Guru BK dengan nilai total 559 point

Video Pembelajaran Terbaik ke – 3

Wawan Setiawan, S.Pd.

Juara 3 : Ustadzah Wawan Guru PJOK dengan nilai total 508 point


Sekaligus untuk juara harapan 1-3 dari video pembelajaran terbaik antara lain :

Video Pembelajaran Terbaik Harapan ke – 1

Siti Fatimatus Zuria, S,Pd.

Juara Harapan 1 : Ustadzah Ima Guru PKn/IPS dengan nilai total 488 point

Video Pembelajaran Terbaik Harapan ke – 2

Palupi Indriati, S,Pd.

Juara Harapan 2 : Ustadzah Upi Guru IPA dengan nilai total 483 point

Video Pembelajaran Terbaik Harapan ke – 3

Fahad, S.Ud.

Juara Harapan 3 : Ustadz Fahad Guru PAI dengan nilai total 478 point



Menurut penelitian yang dilakukan oleh self-directed learning.com menunjukan bahwa:

Belajar mandiri dapat memunculkan kemampuan pemecahan masalah secara kreatif pada murid. Hal itu muncul karena murid tidak selalu akan punya sumber daya untuk menyelesaikan tugas sesuai yang dirinya bayangkan. Murid akan menjadi lebih fleksibel & adaptif terhadap situasi disekitarnya. Dengan segala keterbatasan sumber daya, murid yang terbiasa belajar mandiri akan tetap mampu memecahkan masalah yang dihadapi.

Sumber: self-directed learning.com | The Benefits of Self-Directed Learning




Sekali lagi selamat buat Ustadz dan ustadzah SMP Al Falah Surabaya, yang memiliki tekat yang kuat untuk bersama sama membawa SMP Al Falah Surabaya menuju
Al Falah Digital Islamic School sebagai brand yang membutuhkan transformasi sistem pengajaran secara terus menerus sesuai dengan jamannya,

Dimana tidak hanya dari pola pikir dan cara mengajar saja, perubahan yang terlihat juga pada hasil akhir yang dirasakan murid-murid dan pemanfaatan platform digital itu sendiri secara komprehensif dan maksimal.

Dengan adanya penilaian itu bukan berarti ustadz uztazah yang lain yang belum masuk nominasi tidak mampu, Semuanya mampu dan sudah di atas standard semua. Namun tentunya seiring berjalannya waktu dan seringnya membuat kontent video pembelajaran, makin lama akan makin bagus dan makin cepat proses menyelesaikannya.

Melalui metode pembelajaran yang lebih bervariasi, inovatif dan kreatif, Kami meyakini murid-murid juga akan lebih enjoy saat sebelum dan saat kegiatan pembelajaran di kelas setelah menggunakan teknologi digital.


Sekali lagi dukungan dan support dari orang tua juga sangat penting untuk keberlangsungan agenda pengembangan SMP Al Falah Surabaya kedepannya.


Terima kasih,


DONNY RUVI GARDJITO
Ketua Komite SMP AL FALAH SURABAYA