Proyek Tematik, Mengasah Skill Siswa di Masa Pandemi

Oleh: Sufiatin Eka Sari, S.Si.

Semua orang tidak pernah menduga jika pandemi covid-19 dengan cepat masuk di Indonesia. Setelah Presiden dan Menteri Kesehatan awal Bulan Maret mengumumkan bahwa sudah ada beberapa orang Indonesia terpa-par virus Corona seketika pemerintah mengambil kebijakan-kebijakan untuk mencegah rantai penula-ran virus yang datang dari Kota Wuhan. Seperti kebijakan social distancing dan physical distancing, membatasi interaksi sosial dengan orangg lain, mengurangi kegiatan di luar rumah dan tetap di rumah saja.

Kebijakan ini membawa dampak yang sangat besar di bidang ekonomi, sosial, dan tentu pendidi-kan. Kementerian Pendidikan Nasional membuat kebijakan dan memutuskan seluruh siswa tetap belajar dari rumah atau tidak bertatap muka langsung atau lebih dikelan dengan Pembelajaran Jarak Jauh. Model daring yang baru ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Corona Virus-19.

Penyebaran virus covid-19 yang tak terkendali dan membahayakan kesehatan guru dan siswa maka Kemendiknas tidak mengizinkan pembelaja-ran tatap muka. Kondisi masa pandemi ini tidak menyurutkan semangat siswa dan guru SMP Al Falah Surabaya untuk terus belajar dan mengasah skill.  Justru pandemi ini membawa dampak positif untuk pembelajaran di SMP Al Falah Surabaya. Guru dan siswa semakin kreatif, kritis dalam berfikir untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, berkolaborasi antar teman dan guru saling menjalankan tanggung jawab, sadar pentingnya kedisiplina, serta terampil berkomuni-kasi efektif dan santun melalui media online.

Dihadapkan dengan segala keterbatasan jarak dan kondisi pembelajaran yang tidak konvensional. Guru mengajar hanya menatap layar monitor. Mendorong Ustadz-Ustdzah SMP Al Falah Suraba-ya berfikir kritis dalam menemukan solusi-solusi cerdas. Ide-ide cemerlang pun bermunculan dengan kolaborasi guru-guru yang selalu kreatif dalam menyusun strategi-strategi pembelajaran melalui media-media online yang sebelum masa pandemi sebenarnya telah sering dimanfaatkan di SMP Al Falah Surabaya.

Ada banyak program yang bisa dilaksanakan secara daring selama masa pandemi. Salah satu program SMP Al Falah Surabaya sebagai sarana bagi siswa dalam megasah keterampilan abad 21, guru mengajak siswa berpikir kretif dan inovatif dengan mengadakan pembelajaran proyek tematik.

Proyek tematik ini merupakan pembelajaran kolaborasi guru pengampu mata pelajaran yang tergabung dalam proyek tematik. Guru terlebih dahulu menyiapkan modul worksheet yang dibuku-kan sebagai bahan dan panduan siswa dalam menyelesaikan proyeknya. Melalui proyek tematik ini, kerampilan berfikir kritis siswa terasah dalam memecahkan tugas-tugas proyek sehingga mene-mukan ide-ide cemerlang yang tertuang dalam karya-karya kreatifnya.

Setiap jenjang terdapat tema yang berbeda, seperti tema untuk kelas 7 adalah Water Resourches. Berdasarkan worksheet tematik yang dikerjakan kemudian diterjemahkan ke dalam slide power point yang efektif dan kreatif. Pada proyek ini siswa-siswa kelas 7 diajak untuk tampil percaya diri, terampil berkomunikasi, dan kreativitas mempre-sentasikan hasil power point dihadapan teman teman sekelas dan guru penguji.

Tema kelas 8 adalah Healthy Food. Proyek dari tema ini siswa ajak menentukan dan membuat makanan yang sehat dan halal.  Siswa mengemas-nya dengan membuat video tutorial pengolahan makanan sehat dan halal. Video yang sudah jadi harus dipresentasikan di hadapan teman-teman sekelas dan akan diujikan dihadapan para guru.

Sedangkan tema untuk kelas IX adalah Environmental House dengan proyek membuat miniatur rumah ramah lingkungan sederhana. Proyek ini mengajarkan siswa mendesain maket rumah yang ramah lingkungan, sederhana. Rumah yang terbuat dari bahan kardus, triplek, dan streofom diukur dengan menggunakan skala rumah yang sebenarnya. Tidak hanya itu siswa juga belajar merangkai dan menghitung listrik yang hemat energi. Maket rumah yang sudah jadi dipresenta-sikan dihadapan teman sekelas dan di depan guru-guru penguji.

Tujuan pembelajaran proyek tematik ini adalah memdudahkan siswa untuk memusatkan perhatian pada satu tema atau topik, siswa mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama, siswa semakin baik dan meningkat menguasai konsep antar pelajaran. Bagi guru tujuan proyek tematik ini memberikan keterampilan dalam menyusun perencanaan, melaksanakan, dan mela-kukan penilaian dalam pembelajaran tematik walaupun dengan pembelajaran online.

Proyek tematik merupakan program baru untuk mendukung pembelajaran jarak jauh ini. Pembelajaran kolaborasi antar mata pelajaran dalam satu tema memberikan manfaat yang sangat berharga bagi guru-guru untuk saling bekerjasama dan saling mengisi antar mata pelajaran.

Di akhir tulisan ini hanya alhamdulillah yang dapat terucap karena proyek tematik berjalan dengan sukses dan lancar. Tentu dengan dukungan totalitas dari Ustadz-Ustadzah SMP Al Falah Surabaya yang pantang menyerah menghadapi segala tantangan dalam mendidik siswa, dan selalu terdepan untuk memberikan pelayanan yang terbaik sebagai langkah dakwahnya di Lembaga Pendidikan Al Falah Surabaya.

Kolaborasi, kerjasama, tanggung jawab, dan disiplin siswa untuk menyelesaikan tugas proyek sesuai arahan Ustadz dan Ustadzah juga menjadi penentu keberhasilan program tematik ini dalam mengasah skill/keterampilan. Hal ini menunjukkan siswa SMP Al Falah Surabaya sudah menuju pembelajaran abad 21.

Semoga program tematik ini bisa mendukung cita-cita Lembaga Pendidikan Al Falah Surabaya untuk mewujudkan generasi berakhlak mulia dan berprestasi, serta turut mencerdaskan kehidupan Bangsa dan Negara Replublik Indonesia. Dan semoga pandemi cepat berlalu agar bisa segera kembali nematap langsung senyuman di wajah para siswa yang telah lama merindukan bangku sekolah mereka.