Achievement Motivation Training (AMT) SMP Al Falah Surabaya 2022

Ditulis oleh: Callista Aurelia Ivana (Wakil Ketua OSIS SMP Al Falah Surabaya Th. Periode 2022-2023)

Kamis, 21 Juli 2022 – Jumat, 22 Juli 2022

Kegiatan AMT di SMP Al – Falah Surabaya

Haii kawann, sekolahku baru saja melaksanakan beberapa kegiatan di Minggu ini, salah satunya AMT atau bisa disebut sebagai “Achievement Motivation Training”, yang memiliki tujuan untuk mengembangkan diri dan juga kreativitas. Pada kesempatan kali ini, yukk simak sama sama kegiatan apa ajaa yaa yang ada di kegiatan AMT pada dua hari kemarin. Then.. let’s get itt👇🏻

Awal dari kegiatan AMT ini yaitu opening dari ustadz Darmanto, tak lupa ustadz juga memberikan pesan kepada siswa/ siswi agar mengikuti kegiatan dengan baik. Opening dilaksanakan dengan waktu yang bisa dibilang cukup singkat, lalu dilanjutkan dengan serah terima dari Kepala Sekolah kepada Ilalang Group. Eittss, pada tau ga nih Ilalang Group itu apa?? Hehehh, jadi pada AMT kali ini.. kita melaksanakan Outbond, nah outbond ini akan dipandu oleh Ilalang Group yang memiliki 3/4 anggota.

Setelah serah terima, salah satu kakak pembina tersebut memberikan pesan kepada siswa/ siswi secara singkat. Tak lama setelah itupun kegiatan outbond mulai dilaksanakan, di pagi hari outbond dilaksanakan di Taman Bungkul. Perjalanan dari sekolah ke taman bungkul cukup pendek, maka dari itu kita semua dihimbau untuk berjalan dengan aman.

Selang beberapa lama..

Semua sampai di taman bungkul dan diawali dengan instruksi baris berbaris, setelah itu kakak pembina memberikan waktu untuk membuat beberapa kelompok dengan cara semua anak berhitung urut dari 1 sampai 4 (perempuan) dari kanan dan seterusnya. Tanpa berlama lama kelompok pun terbentuk, setiap kelompok rata rata memiliki 10 anggota. Sebelum melakukan tugas masing masing kelompok, dibagilah menjadi 5 pos, dimana tiap pos memiliki tugas/ permainan yang berbeda. Dan pergilah kelompok kelompok tersebut ke tempat yang telah ditentukan.

Setelah permainan berlangsung hingga jam 11 lebih, semua kelompok dikumpulkan pada suatu tempat untuk mengakhiri kegiatan outbond yang dilakukan di taman bungkul. Akhirnya kembalilah kita ke sekolah bersama sama. Sesampainya disekolah, kitapun beristirahat sejenak dan melaksanakan sholat dhuhur berjamaah. Selai sholat, kita diberi waktu untuk makan siang di kelas masing”.

Setelah itu.. kegiatan dilanjutkan kembali, tapi kali ini kegiatan dilakukan terpisah (perempuan dan laki-laki). Lokasi untuk perempuan berada di kelas 8-1 dan lokasi untuk laki-laki berada di musholla, kakak pembina ilalang group juga terpisah.. dan mulai dari saat itu hingga sekitaran jam sholat ashar kita permain games yang sudah disiapkan oleh kakak pembinanya.

//Adzan ashar..

Games dari kakak pembina pun sudah berakhir, kami melaksanakan sholat ashar berjamaah.. selesai sholat ashar, Ilalang Group melakukan penutupan untuk kegiatan outbond dari mereka, tak lupa kami semua mengucapkan terima kasih kepada mereka karena telah meluangkan waktu untuk membantu kegiatan AMT berjalan dengan lancar. Setelah penutupan tersebut ustadzah meminta sedikit waktu untuk menginformasikan pemenang “Holiday Art Exhibition” yang dilakukan pada hari Rabu kemarin, dan dilaksanakanlah pemberian hadiah dan juga pengambilan foto.

Kegiatan outbond pada hari itu telah berakhir, and then its time forr.. hmm apaa yaa?? Hihii, its time for clean ourself. Dari setelah ashar hingga Maghrib, siswa diberi waktu untuk rehat dari kegiatan yg sudah dilaksanakan. Setelah semua bersih dan rehat, adzan magrib pun dikumandangkan. Tanpa berlama lama, bagi yang sudah berwudhu dihimbau oleh ustadzah untukmenuju masjid dan melaksanakan sholat qabliyah Maghrib dahulu hingga iqomah Maghrib terdengar.

//Iqomah

Sholat Maghrib berjamaah dilaksanakan dengan baik, dan dilanjut dengan ba’diyah Maghrib dan juga doa. Maghrib udah selesai nih, kira kira ngapain lagi yaa kitaa? Ohh iyaa makan malamm. Abis makan malam, kita menunggu waktu isya datang.

Setelah waktu isya datang, kitapun langsung sholat berjamaah. Dan setelah itu kegiatan terakhir dilaksanakan, tempat dibagi sama seperti tadi siang, Bedanya kali ini yang akan memberikan games adalah YDSF atau panjangnya “Yayasan Dana Sosial Al-Falah”. Games dilamainkan hingga sekitaran jam 9, setelah itu murid diberikan waktu untuk bebas hingga maksimal jam 10. Kegiatan malam berakhir pada jam 10, kami pun tidurr..

Dan jam 3 pun menghampiri, kami merapikan diri dan bersiap mengambil air wudhu. Tapii kalii inii bukan shalat wajib yang kita laksanakan dahulu, hayoo sholat apaa.. kita melaksanakan 4 rakaat shalat tahajud dan 3 rakaat shalat witir dan terkahir baru shalat subuh, kalo kalian tanya nih yaa.. ngantukk gakk sii?? Heumm mungkin ada beberapa yang bilang itu biasa aja dan mungkin ada yang bilang ngantuk bangett.

Habis subuhan kita diberi ceramah singkat oleh ustadz Fahad, nah aku pribadi mikirnya bakal lakuin kegiatan dalam kelas.. Eh taunyaa, ustadz Wawan udah nungguin kita dilapangan buat senam pagi. Gak pake lama lama akhirnya kita senam deh tuhh pagii banget, terus dilanjut sama jalan pagi keliling SMP satu putaran. Dann disitulah kegiatan AMT berakhir, kita pun dihimbau untuk packing sebelum dijemput. Rata rata siswa dijemput jam 7.40 – 8.00.

Dan terakhir..
Saya mau ngasih tauu kalo selama kegiatan ini akuu seneng banget, karena bisa belajar bekerja samaa dan lain-lain. Terakhir, harapanku buat kegiatan ini selanjutnya.. kegiatannya bisa lebihh asik plus Seruu, tapi kegiatan kali ini sudah Seruu. Dan saya sampaikan terimakasih kepada ustadz/ ustadzah, Ilalang Group Dann semuanyyaaa, karena sudah jadikan kegiatan AMT ini berjalan dengan baik dan mulus.

Wassalamu’alaikum wr. Wb